Silabus adalah penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ingin dicapai, serta materi pokok yang perlu dipelajari siswa dalam rangka mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar.
LANGKAH POKOK PENGEMBANGAN SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN

M A N F A A T
Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan sistem penilaian.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pembelajaran merupakan aktivitas belajar yang harus dilakukan oleh siswa dalam rangka mencapai penguasaan standar kompetensi, kemampuan dasar, dan materi pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran merupakan aktivitas belajar yang harus dilakukan oleh siswa dalam rangka mencapai penguasaan standar kompetensi, kemampuan dasar, dan materi pembelajaran
TEMPAT :
Di dalam kelas
Di luar kelas
PENDEKATAN :
Teaching – Learning
Menumbuhkan rasa dari tidak tahu menjadi mau tahu
Guru sebagai pelatih dan fasilitator
KATA KERJA OPERASIONAL
Mengidentifikasi,
Mendemontrasikan,
Mempraktekkan,
Mensimulasikan,
Mengkaji,
Menganalisis,
Mengaplikasikan,
Mencari/menemukan.
MODUS KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kita belajar :
10% dari apa yang kita baca,
20 % dari apa yang kita dengar,
30% dari apa yang kita lihat,
50% dari apa yang kita lihat dan dengar,
70% dari apa yang kita katakan, dan
90% dari apa yang kita katakan dan lakukan
(Sheal, Peter (1989) How to Develop and Present Staff Training Courses.London : Kogan Page Ltd.)
Kita belajar :
10% dari apa yang kita baca,
20 % dari apa yang kita dengar,
30% dari apa yang kita lihat,
50% dari apa yang kita lihat dan dengar,
70% dari apa yang kita katakan, dan
90% dari apa yang kita katakan dan lakukan
(Sheal, Peter (1989) How to Develop and Present Staff Training Courses.
ALOKASI WAKTU
Kriteria Penetapan:
• Kompleksitas
• Frekuensi Penggunaan
• Banyaknya Materi
• Pentingnya Materi
Contoh : Analisis Kebutuhan Sumber Belajar

KOMPONEN SILABUS
- Standar Kompetensi
- Kompetensi Dasar
- Materi Pokok/Pembelajaran
- Kegiatan Pembelajaran
- Indikator
- Penilaian
- Alokasi Waktu
- Sumber Belajar
- Sarana Pembelajaran
SILABUS
Nama Sekolah :……………………………………….
Mata Pelajaran :……………………………………….
Kelas/Semester :……………………………………….
Tahun Pelajaran :……………………………………….
Standar Kompetensi :……………………………………….
Kompetensi Dasar :……………………………………….

SILABUS
Nama Sekolah : ………………………
Mata Pelajaran : .............................
Kelas/Semester : .............................
Alokasi Waktu : …………………….
A. Standar Kompetensi:
............................................................................................
B. Kompetensi Dasar :
............................................................................................
C. Materi Pokok/Pembelajaran:
.............................................................................................
D. Kegiatan Pembelajaran:
.............................................................................................
E. Indikator:
.............................................................................................
F. Penilaian:
.............................................................................................
G. Sumber Belajar:
.............................................................................................
Gambar 3 : Format Pengembangan Silabus Alternatif 2
SILABUS
Nama Sekolah : ..................................................
Mata Pelajaran : ..................................................
Kelas : ..................................................
Semester : ..................................................
Materi Pokok/Tema : ..................................................
I. Standar Kompetensi
II. Kompetensi Dasar
III. Materi Pokok/Pembelajaran
IV. Kegiatan Pembelajaran
V. Indikator Alternatif Skenario Kegiatan Pembelajaran:
VI. Penilaian:
VII. Alokasi Waktu
VIII. Sarana Pembelajaran yang Diperlukan:
A. Bahan Tercetak
B. Alat Peraga/Media
C. Peralatan Praktikum
D. Bahan Praktikum
Gambar 4. Format Pengembangan Silabus alternatif 3
FORMAT SILABUS
Jenjang Pendidikan : ............................
Tema : ............................
Mata Pelajaran : …………………..
Kelas/Semester : ............................

Gambar 5. Format Pengembangan Silabus Alternatif 4
Tahap Pengembangan Silabus
(1) Perencanaan
mengumpulkan informasi
(2) Pelaksanaan
analisis konteks >>> merumuskan Materi pembelajaran >>> Metode Pembelajaran >>> penilaian
(3) Perbaikan
kaji ulang
(4) Pemantapan
hasil kaji ulang memenuhi kriteria Dinas Pendidikan serta komunitas Sekolah
Langkah Penyusunan Silabus
(1) Siapkan format
(2) Tentukan tema
(3) Pilih indikator/subindikator > tandai
(4) Masukkan tema, indikator ke dalam format > rumusan sesuaikan
(5) Tuliskan SD, KD, sesuai dengan Kurikulum
(6) Pertimbangkan alat
(7) Tentukan Sumber belajar
(8) Tentukan alokasi waktu per tema
source: Berbagai sumber